Senin, 25 April 2011

APA YANG DIMAKSUD DENGAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN PSIKOLOGI SEKOLAH?
·         Psikologi Pendidikan
o   Arthur S. Reber
Psikologi pendidikan adalah sebuah subdisiplin ilmu psikologi yang berkaitan dengan teori dan masalah kependidikan yang berguna dalam hal-hal sebagai berikut :
§  Penerapan prinsip-prinsip belajar dalam kelas
§  Pengembangan dan pembaharuan kurikulum
§  Ujian dan evaluasi bakat dan kemampuan
§  Sosialisasi proses-proses dan interaksi proses-proses tersebut dengan pendayagunaan ranah kognitif
§  Penyenggaraan pendidikan keguruan
o   Barlow
Psikologi pendidikan adalah “a body of knowledge grounded in psychological research which provides a repertoire of resource to aid you in functioning more effectively in teaching learning process.”
Psikologi pendidikan adalah sebuah pengetahuan berdasarkan riset psikologis yang menyediakan serangkaian sumber-sumber untuk membantu anda melaksanakan tugas-tugas seorang guru dalam proses belajar mengajar secara efektif.
o   Tardif
Psikologi pendidikan adalah sebuah bidang studi yang berhubungan dengan penerapan pengetahuan tentang perilaku manusia untuk usaha-usaha kependidikan.

o   Witherington
Psikologi pendidikan sebagai “ A systematic study of process and factors involved in the education of human being.”
Psikologi pendidikan adalah studi sistematis tentang proses-proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan pendidikan manusia.Psikologi sekolah.
·         Psikologi sekolah
Psikologi sekolah berusaha menciptakan situasi yang mendukung bagi anak didik dalam mengembangkan kemampuan akademik, sosialisasi, dan emosi.

PERANAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN PSIKOLOGI SEKOLAH
·         PSIKOLOGI PENDIDIKAN
o   Tujuan Pembelajaran
Psikologi pendidikan memberikan kontribusi penting dalam memecahkan masalah yang dihadapi oleh pendidik dalam merumuskan tujuan pembelajaran. Psikologi pendididkan memberikan bimbingan tentang cara-cara merumuskan tujuan pembelajaran. Para pakar psikologi pendidikan menyatakan apa yang akan peserta didik lakukan jika mereka diberi kesempatan.
o   Karakteristik peserta didik
Karakteristik dan perilaku yang diperoleh peserta didik sebelum mengikuti pembelajaran baru umumnya akan mempengaruhi kesiapan belajar dan cara-cara mereka belajar. Dengan memperhatikan pengaruh itu, psikologi pendidikan memberikan kontribusi dengan cara membantu pendidik memperhatikan perilaku peserta didik sebelum pembelajaran dimulai.
o   Proses Belajar
Para pakar psikologi pendidikan percaya bahwa berbagai materi pembelajaran yang dipelajari oleh peserta didik mempersyaratkan adanya proses belajar yang berbeda. Seperti halnya cara mempelajari konsep akan berbeda dengan mempelajari prinsip ataupun fakta. Hal ini sangat penting untuk dipahami setiap pendidik karena cara yang berbeda dalam mempelajari materi pembelajaran yang berbeda akan diperoleh hasil yang berbeda pula.
o   Strategi Pembelajaran
Para pakar psikologi pendididikan menyatakan bahwa pemilihan strategi pembelajaran adalah sama pentingnya dengan unsur-unsur pembelajaran lainnya. Strategi pembelajaran ini berkaitan dengan prosedur membantu peserta didik bergerak dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup dalam setiap pembelajaran, sehingga peserta didik mencapai tujuan pembelajaran.
o   Evaluasi Pembelajaran
Beberapa kegiatan evaluasi dapat dilakukan pada waktu proses pembelajaran sedang berlangsung, yakni untuk mengetahui kemajuan belajar peserta didik. Evaluasi juga dapat dilakukan pada awal kegiatan pembelajaran untuk mengetahui kemampuan bawaan peserta didik sebelum mengikuti prose pembelajaran. Disamping itu juga evaluasi dapat dilakukan pada akhir pembelajaran untuk mengetahui peroleha peserta didik terhadap tujuan pembelajaran. Berkenaan dengan evaluasi ini, psikologi pendidikan memeberikan kontribusi tentang perumusan instrument evaluasi, pelaksanaan ujian, analisis hasil evaluasi, dan penafsiran hasil evaluasi.

·         PSIKOLOGI SEKOLAH

 Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan dasar-dasar BK di sekolah lanjutan dan memahami pokok-pokok permasalahan siswa usia sekolah lanjutan

Memahami dan memiliki wawasan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan fungsi sekolah sebagai agen perubahan sosial
Memahami berbagai hal tentang perubahan-perubahan yang terjadi di sekolah Memahami metode yang dapat digunakan dalam sistem pengajaran disekolah
Memahami keterkaitan hubungan anak-orangtua dan sekolah
Memahami hubungan orang tua dengan anak khusus (Disabilities)
Memahami perkembangan anak-anak dari “At Risk Families”
Memahami keterlibatan orangtua dalam pendidikan dan hubungannya dengan sekolah
Memahami siswa-siswa yang sudah siap untuk belajar (Readiness to Learn)
Mahasiswa memahami tentang dasar-dasar konseling individual, dan dapat merancang konseling individual mulai tahap mengidentifikasikan masalah, tahap pemecahan masalah dan perencanaan follow up
Mahasiswa memahami dasar-dasar konseling kelompok, dan model-model interaksi kelompok

Mengetahui tokoh-tokoh pendidikan pra-sekolah
Memahami pengertian dan ciri-ciri anak pra-sekolah
Memahami lingkup pendidikan pra-sekolah
Mahasiswa dapat mengetahui jenis-jenis kasus kesulitan belajar
Mahasiswa dapat memahami berbagai kasus kesulitan belajar yang biasa terjadi pada siswa




Sumber:
·         http://cintapendidikan-siron.blogspot.com/2010/10/peranan-psikologi-pendidikan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar