Minggu, 24 April 2011

Apa saja Pendidikan masa dini dan pendidikan keluarga(tugas 8)


strategi yang dibutuhkan untuk meningkatkan prestasi murid di daerah miskin?

Miller dan roby, yang dikutip oleh A. Harry passow (1971) percaya, bahwa berbagai ragam strategi meningkatkan prestasi murid didaerah miskin dapat dikelompokkan dalam lima kelompok:
  •  Mengubah murid dan keluarga mereka, yang bertujuan sebagai perbaikan sosialisasi, dengan jalan mengubah pola asuhan dengan program-program yang ditujukan untuk mengubah interaksi dan hubungan anak dan orang tua.
  • Mengubah sekolah yang bertujuan mengadakan perubahan pada guru, administrator, kurikulum, materi, pelayanan.
  •  Menambah sumber dan meratakan alokasi distribusi. Biasanya daerah miskin itu justru memperoleh dana yang rendah, personalia dan guru yang bermutu rendah.
  •  Mengubah komposisi murid, dengan membuat seimbang status sosial ekonomi murid satu sekolah dengan sekolah lain
  • Mengubah pengawasan sekolah, memberi wewenang yang lebih banyak pada sekolah dan masyarakat setempat, sehingga dapat menyesuaikan dengan keadaan setempat.                                                                                                                                 



 daftar pustaka: Sukadji, S. (2000).Psikologi pendidikan dan Psikologi sekolah.Depok:Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar